Saturday, March 2, 2013

Clannad

LengthVery long (> 50 hours)
Developer Key
VNDB  http://vndb.org/v4
Sequel  Tomoyo After ~It's a Wonderful Life~
Translator  Drama Club & Doki Fansubs

Sebuah Visual Novel buatan KEY tahun 2004 yang sudah sangat terkenal.  Clannad merupakan gabungan dari komedi, drama, dan tragedi, yang dapat membuat pemainnya tersenyum, tertawa, hingga meneteskan air mata saat memainkannya.  

VN ini menceritakan kehidupan sisawa SMA kelas 3 bernama Okazaki Tomoya, seorang siswa yang di cap sebagai deliquent di sekolahnya, kehidupan Tomoya mulai berubah ketika dia bertemu dengan seorang gadis sewaktu dia jalan ke sekolah 


 Clannad memiliki 2 bagian cerita, bagian School Life dan bagian After Story, After Story dapat dimainkan setelah pemain mennyelesaikan semua route yang ada pada School Life, Clannad memiliki banyak route yang cukup membingungkan, bukan hanya route para heroine, para karakter cowo (bahkan kakek-kakek) juga memiliki route dengan endingnya masing-masing.

Dari segi plot  tidak ada yang terlalu spesial dari Clannad,  VN ini memiliki plot yang cukup simple, bagian awal menceritakan kehidupan Tomoya di sekolahnya, bahkan terkesan berulang-ulang tiap harinya, akan tetapi penggambaran sifat-sifat karakter yang sangat terasa, membuat kita penasaran mengikuti kegiatan sehari-hari Tomoya di sekolahnya. 

Di bagian After Story, cerita menjadi semakin menarik. After Story menceritakan kehudupan Tomoya setelah lulus dari sekolah.  Bagian inilah yang paling banyak para pemainnya menghabiskan air mata.  Untuk membuka After Story pemain harus menyelesaikan 10 route terlebih dahulu.  

Characters
Okazaki Tomoya
Birthday  30 October
Hair         Blue, Short
Eyes        Blue
Body        Average Height, Teen

Personality    Cynic, Funny, Lazy, Outgoing, Rude, Stoic
Siswa kelas 3 SMA yang dicap sebagai deliquent oleh orang-orang disekitarnya, Tomoya tinggal ber2 bersama ayahnya, akan tetapi mereka memiliki hubungan yang tidak begitu baik.

 
Furukawa Nagisa
Birthday        24 December
Hair              Antenna, Brown, Shoulder-length
Eyes             Brown, Tareme
Body             Average Height, Pale, Slim, Teen
Personality    Altruistic, Clumsy, Honest, Kind, Naive, Timid

Siswa kelas 3 SMA di tempat Tomoya sekolah. Karena memiliki penyakit yang cukup parah dia terpaksa mengulang sekolahnya di tahun ke 3, Nagisa memiliki minat yang besar pada theater dan berusahan untuk membangkitan club theater di sekolahnya.




Sakagami Tomoyo
Birthday     14 October
Hair             Very Long, White
Eyes            Blue
Body             Average Height, Pale, Teen
Personality    Hardworker, Strict

Transfer Student adik kelas Tomoya.  Tomoyo merupakan gadis yang sangat kuat yang dipercaya belum pernah kalah dalam berkelahi, Tomoyo memiliki ambisi untuk menjadi student council president.







Ibuki Fuuko
Birthday    20 July
Hair           Long, White
Eyes           Amber
Body          Average Height, Teen

Personality    Airhead, Clumsy, Funny, Hardworker, Idiot,
Siswa kelas 1 yang misterius.  Fuuko selalu terlihat seorang diri dan selalu sibuk membuat pahatan bintang laut dari kayu, Dia berencana untuk memberikan bintang lautnya ke semua orang yang dia temui..






 
Ichinose Kotomi
Birthday    13 May
Hair      Curtained, Long, Straight, Twin Tails, Violet
Eyes      Tsurime, Violet
Body     Average Height, Pale, Slim, Teen
Personality    Antisocial, Genius, Hardworker, Shy

Kotomi Siswa kelas 3 yang merupakan siswa terpintar di sekolah Tomoyo, dia selalu terlihat di perpustakan dan hampir tidak pernah mengikuti kelas.






  
Fujibayashi Kyou
Birthday    9 September
Hair           Very Long, Violet
Eyes           Violet
Body          Average Height, Pale, Teen
Personality    Kind, Outgoing, Short-tempered, Strict, Tsundere

Siswa kelas 3 teman dari Tomoya, dia memiliki saudara kembar Fujibayashi Ryou, yang merupakan pimpinan kelas di kelas Tomoya.  Sewaktu kelas 2 dia sekelas dengan Tomoya.















Screenshot



Link Download Clannad

No comments:

Post a Comment