Thursday, June 6, 2013

Little Busters!

Length         Very long (> 50 hours)
Developer    Key
Translator     Doki Fansubs & Fluffy
VNDB         http://vndb.org/v5
Side story     Kud Wafter
                    Little Busters! SS

Sebuah VN dari Key yang memiliki gameplay cukup unik dan memiliki banyak mini game, Little Buster memiliki 2 versi release yang berbeda yaitu Little Buster! dan Little Busters! Ecstasy, di versi Ecstasy memiliki beberapa tambahan route dan minigame dari versi release sebelumnya.

VN ini menceritakan kehidupan Naoe Riki seorang yatim piatu yang tinggal di sebuah asrama sekolah bersama- teman-temannya.  Riki memiliki 4 sahabat dekat dan menamakan kelompok mereka Little Buster.

Pada suatu hari Kyousuke pimpinan dari Little Buster yang sedang melakukan job-hunting berencana membentuk tim baseball untuk membuat memori terakhir di masa sekolahnya, akhirnya mereka pun mulai berlatih dan merekrut member-member baru untuk tergabung dalam Little Buster.
Little Buster memiliki banyak sekali mini games, meskipun tidak berpengaruh pada cerita, menyelesaikan berbagai mini games ini dapat membuat kesan tersendiri dalam memainkan game ini.  2 mini game yang sangat terkenal dari game ini adalah baseball minigame dan battle minigame.  Ke 2 mini game ini berpengaruh dari status tiap-tiap pemain yang dapat ditingkatkan perfomanya. Pemain dapat melihat status para karakter dan equipment yang dimiliki dari status menu. Status pemain utama akan terus meningkat di awal game tiap menyelesaikan route para karakter, sehingga semakin banyak route yang telah diselesaikan semakin kuat karakter utama saat memainkan di playtrought selanjutnya.

Plot dari Little Buster terbagi menjadi common route dan character route.  common route menceritakan kehidupan Riki hingga pertandingan baseball selesai, kemudian setelah itu akan bercabang masuk ke tiap-tiap character yang berbeda. Setelah menyelesaikan semua route yang ada, pemain akan memasuki route refrain yang merupakan true-route dari game ini.

Dalam versi  Ecstasy terdapat 3 route heroine dan beberapa mini game tambahan yang cukup unik, salah satu routenya sangat erat dengan dungeon crawling yang cukup memusingkan.

Character
Naoe Riki
Birthday    17 January
Hair           Brown, Short, Straight
Eyes          Hazel
Body         Average Height, Pale, Slim, Teen
Items         Mobile Phone.
Riki adalah member ke 5 Little Buster, dia memiliki penyakit narcolepsy yang membuatnya dapat tertidur sewaktu-waktu. Diantara para member Little Buster, Riki adalah  member yang paling memiliki common sense dibanding yang lainnya.

Natsume Rin
Birthday    2 September
Hair          Ahoge, Brown, Ponytail, Very Long
Eyes          Red
Body         Average Height, Pale, Slim, Teen
Personality    Antisocial, Short-tempered, Shy
Rin adalah adik dari Kyousuke pimpinan Little Buster, Dia memiliki kucing peliharan yang sangat banyak dan sering menghabiskan waktu berasama mereka  Rin sangat pemalu dan pendiam, yang menyebabkannya menjadi anti-sosial, dia sulit berkomunikasi dengan orang yang tidak dia kenal.
Kamikita Komari
Birthday    5 April
Hair          Blond, Short, Straight, Twin Tails
Eyes         Blue
Body        Average Height, Pale, Slim, Teen
Personality    Clumsy, Food Lover, Friendly, Kind, Outgoing
Items    Stuffed Toy
Komari adalah gadis yang childish dan sering menghabiskan waktu di di atap sekolah pada jam istirahat, dia memiliki ketertarikan dengan picture book dan membuat beberapa picture booknya sendiri, dia juga sangat menyukai berbagai macam snack dan sering membaginya dengan teman-temannya.

Kurugaya Yuiko
Birthday    13 March
Hair           Black, Curtained, Straight, Very Long
Eyes          Violet
Body         Average Height, E+ Cup, Pale, Slim
Items         Katana, Machine Gun
Personality    Confident, Genius, Mature, Pervert, Relaxed
Yuiko teman sekelas Riki yang memiliki sifat eksentrik, Yuiko sering membolos pada jam pelajaran dan menghabiskan waktunya di taman seorang diri, meskipun begitu Yuiko adalah orang yang genius dan memperoleh nilai yang baik tiap mata pelajaran. 
Saigusa Haruka 
Birthday        13 October
Hair               Long, Side Tail, Straight, Violet
Eyes              Blue
Body             Average Height, Pale, Slim, Teen
Items             Mobile Phone
Personality    Altruistic, Carefree, Mischievous
Haruka adalah siswa yang di cap sebagai pembawa masalah yang sering berbuat jahil, meskipun berbeda kelas dengan Riki dia selalu datang bermain ke kelas Riki untuk menghabiskan waktu.

Nishizono Mio
Birthday     22 August
Hair           Blue, Long, Short, Straight
Eyes          Amber
Body         Average Height, Pale, Slim, Teen
Items         Book, Umbrella
Personality    Antisocial, Kind, Reserved, Shy
Mio adalah gadis pendiam dan penyendiri, karena memiliki kondisi fisik yang lemah, dia selalu terlihat membawa payung saat diluar, Mio memiliki hobi membaca dan memiliki banyak sekali buku di kamarnya
Noumi Kudryavka
Birthday      12 June
Hair             Long, Straight, White
Eyes            Blue
Body           AA Cup, Kid, Pale, Short, Slim
Personality    Friendly
Kud adalah gadis keturunan Jepang dan Russia, nama asli dari Kud adalah Kudryavka Anatolyevna Strugatskaya, meskipun merupakan pendatang dari luar Jepang, Kud sangat mahir dengan bahasa dan budaya Jepang.






Screenshot



 

Little Busters!


Kud Wafrer OP
Link Download Little Buster!

No comments:

Post a Comment