Monday, April 1, 2013

Utawarerumono


Title           Utawarerumono
Aliases      The One Being Sung
Length       Medium (10 - 30 hours)
Developer  Leaf
Sequel       Utawarerumono 2


Tactical VN dari Leaf  bernuansa east fantasy medieval, plot  cerita dari Utawarerumono dapat membuat permainannya hanyut dalam cerita yang kental dengan politik, mystery, family, strategi, action dan magic.

Utawarerumono menceritakan kisah Hakuoro, manusia beropeng yang menderita amnesia dan ditemukan terluka disebuah hutan oleh gadis bernama Eruru.  

Setelah dirawat hingga sembuh karena tidak memiliki ingatan tentang kehidupannya sebelumnya, Hakuoro tinggal bersama Eruru dan keluarganya.  Meskipun tidak memiliki ingatan, Hakuoro memiliki pengetahuan yang tinggi dan bijaksana  sehingga para warga sangat mengandalkannya.  Beberapa permasalahan diselesaikan oleh Hakuoro dengan kemahirannya bermain strategi, sehingga pada suatu saat dia dipilih untuk menjadi pemimpin para  warga.

Berbeda dengan VN yang lainnya Utawarerumono memiliki unsur tactical RPG yang cukup kental di dalamnya, karakter dapat levelups, dan beberapa karakter dapat mengkombinasikan serangannya dengan karakter lainnya, setiap levelup kita juga dapat bebas mendistribusikan poin yang akan kita gunakan untuk memperkuat tiap karakter.  Fitur yang kurang dari segi tactical RPGnya adalah tidak disediakannya fitur equipment,  akan tetapi hal ini tidak memberikan efek yang cukup besar dalam menikmati gameplaynya.

Dari segi grafik  Utawarerumono dapat dibilang cukup baik, dari portrait hingga sprite battlenyapun sangat pas sekali dengan nuansa east medieval. CG dan backgroundnyapun sangat cantik untuk game sekelasnya.

Untuk versi PC yang asli tidak tersedia Voice Over, akan tetapi kita dapat dengan mudah melakukan voice-patch dari versi PS2  (there's Rie Kugumiya in there lol) dengan mendpwnloadnya terlebih dahulu.

Utawarerumono memiliki adaptasi versi anime yang cukup menarik juga untuk ditonton.
Bagi yang menggemari suikoden series, psdti sksn fspst menikmsti gsme ini, ksrens memiliki feel yang serupa.


Character
Hakuoro
Hair                Black, Shoulder-length, Straight
Eyes               Blue
Items              Fan
Personality      Genius, Mature, Proactive
Role               Commander
Subject of       Amnesia, Injury


Hakuoro memakai topeng yang tidak dapat dilepas dari atas kepalanya hingga bagian bawah matanya.  Dia ditemukan terluka parah di hutan, setelah dirawat oleh Eruru ternyata diketahui bahwa dia mengalami amnesia sehingga nenek Eruru memberikannya nama Hakuoro.  


Eruruu.
Hair              Black, Curtained, Ponytai.
Eyes             Brown, Tareme
Personality    Deredere, Hardworker, Kind, Strict
Role              Betrothed, Medical Doctor


Orang pertama yang ditemui Hakuoro saat dia terbangun.  Dia merawat Hakuoro hingga dia dapat berjalan kembali, Eruru mewarisi keahlian pengobatan dari neneknya yang merupakan seorang tabib terkenal.






Aruru
Hair                Black, Long
Eyes               Brown
Personality      Kind, Shy, Stubborn
Role                Daughter, Full Sister


Aruru adalah adik dari Eruru yang pemalu, Saat pertama kali bertemu Hakuoro dia sangat pemalu dan selalu bersembunyi di setiap kesempatan, setelah lama tinggal dengan Hakuoro dia menganggapnya sebagai ayahnya sendiri.





Urutorii
Hair                Blond, Curtained, Long
Eyes               Blue, Tareme
Personality      Kind, Mature, Refined, Smart
Role               Politician, Priestess, Princess.


Urotori adalah putri pertama dari  Onkamiyamukai. Dia memutuskan untuk menjadi Yomoru (Priest yang dikirim untuk memeriksa keadaan tiap negara) di Tsukuru.  Urotori menaruh rasa hormat dan kagum dengan Hakuoro setelah melihat bagaimana baik dan bijaksananya Hakuoro.





Karurauaturei
Aliases           Karura, Karurawaturei
Hair                Blue, Braid, Ponytail
Eyes               Blue
Personality      Carefree, Outgoing
Role               Superhuman, Warrior
Subject of  Slavery


Seorang Gladiator yang ditemukan oleh anak buah Hakuoro setelah sebuah kapal karam di daerahnya, dia memiliki super-human strengh yang membuat semua orang takjub  melihatnya, Karura akhirnya disewa oleh Hakuoro sebagai mercenary.


 
Touka
Hair               Long, Ponytail, Violet
Eyes              Blue
Personality     Hardworker, Honorable, Loyal, Serious
Role              Warrior

Touka adalah seorang warrior dari clan Evenkuruga, clan yang terkenal dengan orang-orangnya yang menjunjung tinggi keadilan. Evenkuruga memiliki kemampuan bertarung yang luar biasa sehingga banyak para pahlawan lahir dari clan Evenkuruga.



 


Screenshot:





Link unduh :utawarerumono
Patch Voice-Patch





Sequel CONFIRMED  Utawarerumono 2 

No comments:

Post a Comment