Wednesday, August 14, 2013

Soukou Akki Muramasa


Aliases         Full Metal Daemon Muramasa
Length         Very long (> 50 hours)
Developer    Nitroplus
VNDB         http://vndb.org/v2016
Translator     http://gareblogs.wordpress.com
Sequel          Soukou Akki Muramasa: Janen Hen

Soukou Akki Muramasa VN fantasy historical dari NitroPlus, developer ternama yang sudah tidak bisa diragukan lagi kualitasnya,  Dalam dunia Muramasa terdapat sebuah senjata (Armor Mecha) bernama Tsurugi yang dibuat oleh special smith yang menggabungkan jiwanya kedalam Tsurugi tersebut.  Orang yang menggunakan Tsurugi disebut sebagai Musha dan memperoleh kekuatan yang sangat luar biasa.
 
  
“This is not a story of heroes.”
“Those who would aspire to be such have no place here.”
"Meet Demon Slay Demon Meet Budha Slay Budha, This is the way of the sword!"


Muramasa menggunakan seting histori alternatif di Jepang sesaat setelah Perang Dunia II sewaktu Jepang kalah dalam peperangan.  Ketika itu Jepang dalam kekuasaan Rokuhara Shogunate, dan diawasi oleh pasukan penjajah GHQ (General Headquarters/Allied Force Australian, British, Indian, Canadian, dan New Zealand ) (sejenis kompeni kalo versi indonya).  Pada masa itu  Rokuhara Shogunate berkuasa dengan tangan besi, dan GHQ mencoba untuk mengubah Jepang menjadi Milirary Base untuk keperluannya.  Kedua pihak saling menjatuhkan satu sama lainnya.  

Tanpa sepengetahuan kedua belah pihak seorang pemuda bernama Kageaki Minato yang mengaku sebagai  unofficial Police Man, pemilik cursed Tsurugi bernama Muramasa, menyelesaikan incident-incident yang menyangkut Tsurugi dan berperang melawan ketidak adilan dari Rokuhara Shogunate.  Akan tetapi dibalik semua itu alasan dari Kageaki sendiri bukanlah demi kebaikan, orang-orang yang dibunuh oleh Kageaki bukan hanya orang-orang yang korup dan yang jahat saja, tidak sedikit orang-orang tidak bersalah dan anak-anak tidak berdaya mati ditangan Kageaki, dia berusaha memburu Ginseigou (Silver star) Tsurugi terkuat yang pernah dibuat.  Ginseigou sendiri memiliki kemampuan untuk membuat orang-orang yang disekiternya menjadi tidak terkontrol sehingga saling menyerang satu sama lainnya dan sudah menghancurkan berbagai kota. 

Full metal Daemon Muramasa memiliki 2 route dan 1 True route dengan 1 sub-route di dalamnya, Dimana untuk masuk kedalam True Route pemain harus menyelesaikan 2 route normal terlebih dahulu.  Yang berbeda dari VN lainnya sistem pemilihan route heroine dari Muramasa bersifat kebalikan.  Route heroine yang ingin dimainkan haruslah memiliki poin intimasi yang paling sedikit, sehingga kita harus memilih pilihan yang paling buruk saat kita berbicara pada heroine yang kita inginkan routenya.  Dari segi grafis Muramasa dapat dibilang sempurna, dari movie dan CG dibuat dengan sangat baik dan cukup banyak, mecha-nyapun dibuat dengan detail dengan kesan orientalnya sangat terasa.  

Untuk plot Soukou Akki Muramasa dapat dibilang salah satu yang terbaik yang pernah ada, saat menyelesaikan true route efek psikologinya dapat membuat pemainnya melihat konsep yang berbeda dalam memandang kehidupan.  gaya penulisanya-pun sangat detail, terkadang hanya demi menjelaskan sesuatu hal seperti gerakan manuver "immelman turn" penulis menghabiskan 5 halaman dalam mendeskripsikannya. belum lagi ditambah battle scene yang bukan main panjangnya.  

Sequel lanjutan after story dari Muramasa juga cukup memuaskan, dimana semua pertanyaan dapat terjawab setelah memainkan sequelnya.

Karakter
Minato Kageaki
Hair                Black, Short
Eyes               Black
Body              Pale, Adult
Personality      Altruistic, Hardworker, Proactive.
Role               Unofficial Police Man

Protagonis Soukou Akki Muramasa, dia bekerja sama dengan pihak kepolisian dalam melakukan pemburuan Ginsegeo. Kageaki memiliki cursed Tsurugi Muramasa.



Ayane Ichijou
Hair     Blue, Short
Eyes    Red
Body   Teen, Slim
Personality   Hardworker, Honorable, Serious, Brave.

Seorang yang menjunjung tinggi keadilan,  dia sangat membeci sekali Rokuhara Shogunate yang berkuasa dengan tangan besi.   Ichijou memiliki sense of direction yang buruk sehingga kerap sekali dia tersasar dan lupa jalang untuk kembali.

Ootori Kanae
Hair     Pink, Long, Straight.
Eyes    ????
Body    Tall, Adult, E cup
Personality    Refined, Strange, Outgoing.

Seorang officer GHQ berpangkat Lieutenant. Dia ditugaskan oleh GHQ untuk mengawasi wilayah Jepang yang dikuasai oleh Rokuhara Shogunate.  Kanae selalu ditemani oleh pembantunya bernama Nagakura Sayo.


Ashikaga Chachamaru
Hair     Blond, Long, Straight.
Eyes    Yellow
Body    Average Height, Pale, Slim, Teen
Personality   Funny, Strange, Altruistic.

Salah satu cucu dari Ashikaga Moriuji yang merupakan kepala dari Rokuhara Shogunate pada saat itu.  Chachamaru memiliki tinggak laku yang lucu, bahkan dia kerap bercanda saat rapat para petinggi Rokuhara.  
Route dari Chachamaru merupakan sub-route dari True Route yang dapat diambil setelah menyelesaikan route dari Ayane Ichijou dan Ootori Kanae.

Muramasa
Hair     ????
Eyes    ????
Body    ????
Personality    ????

Main Heroine dari Soukou Akki Muramasa (believe it or not).  Cursed Tsurugi yang sudah lama tersegel.  Dia membantu Kageaki dalam pertualangannya berburu Ginsegeo.





Screenshot :








Soukou Akki Muramasa OP


1 comment:

  1. Bagus nih, kunjungi balik blogku ya.
    yesayachiung@blogspot.com

    ReplyDelete